PENGGUNAAN PAYET DAN MOTIFNYA DIPAKAI DALAM PRINT SUBLIM

05 September 2023

Payet adalah hiasan berbentuk cakram kecil atau bentuk-bentuk lain yang dibuat dari bahan yang mengkilap, seperti plastik, logam, kaca, atau kristal¹. Payet digunakan untuk menghiasi pakaian, aksesoris, atau barang-barang dekoratif untuk memberikan efek kilau dan menyala pada benda tersebut. Payet memiliki berbagai macam jenis, bentuk, ukuran, dan warna yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan selera pengguna.

Penggunaan payet pada kain menampakkan sebuah motif yang menarik jika diaplikasi motif tersebut dengan teknik print sublim. Print sublim adalah metode printing yang memanfaatkan kertas khusus, yaitu kertas transfer sebagai media cetak. Untuk print sublim, kita perlu menggunakan mesin sublimasi dan mesin heatpress. Mesin sublimasi berfungsi untuk mencetak desain pada kertas transfer dengan tinta sublim, sedangkan mesin heatpress berfungsi untuk memindahkan desain dari kertas transfer ke kain dengan menggunakan panas dan tekanan.

Teknik print sublim hanya dapat mengaplikasikan motif secara keseluruhan pada motif payet yang biasanya memiliki konsep dan tema keseluruhan itulah yang digunakan, termasuk tidak ada efek mengkilap atau timbul pada motif payet yang di cetak pada print sublim. Jadi, yang diambil hanyalah tema motif keseluruhan yang memperindah lengan, leher atau pun lainnya. Bisa juga kolaborasi keduanya yang bisa diapilikasikan secara bersamaan untuk mendukung satu sama lain sehingga pakaian yang digunakan makin indah. Namun teknik print sublim memiliki keunggulan yang tidak bisa diikuti oleh teknik sablon lainnyanya diantaranya :

- Hasil cetak lebih cerah, tajam, dan detail dibandingkan dengan metode lain.
- Hasil cetak lebih tahan lama dan tidak mudah luntur karena tinta menyerap pada serat kain.
- Tidak ada batasan minimum order karena print sublim termasuk dalam kategori print digital.
- Bidang cetak lebih besar sehingga bisa digunakan untuk menghasilkan cetakan kaos fullprint atau all over printing.

Namun, teknik print sublim juga memiliki beberapa keterbatasan, yaitu:

- Hanya bisa digunakan pada kain yang mengandung polyester minimal 60% karena tinta sublim hanya bisa bereaksi dengan bahan sintetis⁵.
- Harga mesin dan tinta sublim relatif lebih mahal dibandingkan dengan metode lain.
- Warna hasil cetak mungkin berbeda dengan warna desain pada komputer karena adanya faktor pencahayaan, resolusi layar, dan profiling warna.

Untuk mendapatkan hasil print sublim yang optimal, kita perlu memperhatikan beberapa hal, antara lain:

- Memilih motif yang dapat dianggap motif payet yang sesuai dengan desain dan tujuan penggunaan. Misalnya, payet piring datar cocok untuk desain yang sederhana dan elegan, sedangkan payet manik-manik cocok untuk desain yang lebih beragam dan menarik.
- Memilih jenis kain yang sesuai dengan karakteristik payet. Misalnya, armani silk cocok untuk payet piring datar karena memiliki tekstur yang halus dan licin, sedangkan ceruty cocok untuk payet manik-manik karena memiliki tekstur yang lembut dan ringan.
- Memilih motif dan warna payet yang sesuai dengan warna dasar kain.
- Memilih motif desain yang sesuai dengan tema dan konsep penggunaan. Misalnya, motif bunga cocok untuk tema romantis dan feminin, sedangkan motif geometris cocok untuk tema modern dan dinamis.

Jika Anda tertarik untuk menggunakan teknik print sublim konsep atau tema payet serta menggunakan keduanya pada kain, Anda bisa menghubungi TX Print sebagai jasa print sublim yang profesional dan berkualitas. TX Print menyediakan layanan print sublim dengan harga bersaing, kecepatan produksi dapat diandalkan, hasil berkualitas yang memuaskan, serta pelayanan yang ramah dan responsif. TX Print siap menjadi mitra usaha Anda dalam bidang fashion, jersey olahraga, atau event apapun. Segera hubungi TX Print dan dapatkan promo Savetember Ceria dengan menghubungi via Whatsapp : +62 811 99 20801 dan email info@txprint.id.


Give Reaction

Blog Lainnya

Hijab segi empat merupakan salah satu jenis hijab yang paling populer di kalangan muslimah. Selain mudah dibentuk, hija ... read more
Lebaran merupakan momen spesial untuk berkumpul bersama keluarga dan kerabat tercinta. Di momen istimewa ini, Selain ou ... read more
Dunia fashion selalu berputar dan menghadirkan tren baru yang menarik. Salah satu tren yang sedang naik daun saat ini a ... read more
Hari Raya Idul Fitri merupakan momen spesial untuk berkumpul bersama keluarga dan orang tercinta. Momen ini pun menjadi ... read more
Menyambut Hari Raya Idul Fitri 2024 dengan Pesona Hijab Motif Hari Raya Idul Fitri 2024 semakin dekat, momen istimewa u ... read more
Ramadhan 2024 dan Lebaran kali ini menunjukkan beberapa tren yang akan dialami oleh pemerhati fashion, seperti tahun la ... read more
Dapatkan penawaran exclusive + voucher 25rb!