MENGENALI ISTILAH SKINTONE DAN UNDERTONE, PENGGUNA HIJAB HARUS TAHU INI

21 February 2024

Apakah Anda pernah merasa bingung saat memilih warna hijab yang cocok dengan warna kulit Anda? Atau apakah Anda pernah merasa warna hijab yang Anda beli ternyata tidak sesuai dengan harapan Anda? Jika ya, mungkin Anda belum mengetahui istilah skintone dan undertone yang berpengaruh pada penampilan Anda.

Skintone dan undertone adalah dua hal yang berbeda, tetapi saling berkaitan. Skintone adalah warna kulit yang terlihat dari luar, sedangkan undertone adalah rona warna alami di bawah permukaan kulit. Mengetahui skintone dan undertone kulit Anda dapat membantu Anda memilih warna hijab yang sesuai dan menonjolkan kecantikan Anda.

Apa itu Skintone?

Skintone adalah warna kulit yang terlihat dari luar. Umumnya terbagi menjadi empat kategori warna, yaitu:

- Fair. Ini adalah rentang warna kulit paling terang. Pemilik kulit ini lebih rentan terbakar matahari dan memiliki rambut berwarna terang.

- Light. Warna kulit ini cenderung hangat dan sedikit lebih gelap ketimbang fair. Kamu masih bisa berjemur di bawah matahari tanpa khawatir kulit akan terbakar.
- Medium. Orang dengan kulit warna medium memiliki kulit cokelat dengan rona emas atau zaitun yang hangat.

- Gelap. Ini adalah kisaran warna kulit paling gelap ketimbang tiga jenis sebelumnya.

Ada beberapa faktor eksternal yang dapat mempengaruhi warna kulit secara keseluruhan. Misalnya, rosacea, hiperpigmentasi, bintik hitam, jerawat, kemerahan, dan tanning atau berjemur.

Apa itu Undertone?

Undertone adalah rona warna alami di bawah permukaan kulit. Meskipun warnanya mengacu pada kulit, rona mengacu pada bayangan dalam warna tersebut. Jika terdapat dua orang dengan skintone yang sama, mereka belum tentu memiliki undertone yang sama.

Perbedaannya dengan skintone adalah, undertone tidak bisa berubah warna. Undertone terbagi menjadi tiga kategori, yaitu:

- Warm. Memiliki warna dasar keemasan, peachy, atau kuning.
- Cool. Warna dasarnya kebiruan, merah, atau merah muda.
- Netral. Merupakan campuran warm dan cool undertone.

Cara Menentukan Skintone dan Undertone Kulit

Sebelum memutuskan untuk membeli hijab, kamu perlu mengetahui skintone dan undertone kulit agar produk bisa bersatu dengan warna kulit. Beberapa tips yang bisa kamu lakukan, yaitu:

- Berkaca di bawah paparan sinar matahari. Lihat warna kulitmu secara langsung dan bandingkan dengan kategori warna kulit yang sudah disebutkan di atas. Kamu juga bisa menggunakan bagan warna kulit (skin tone chart) untuk membantumu mengenali warna kulitmu.

- Lihat warna pembuluh darah. Untuk mengenali undertone, kamu bisa melakukan pengecekan terhadap warna pembuluh darah yang terlihat pada kulit. Jika pembuluh darah terlihat kehijauan, artinya kamu memiliki undertone warm atau hangat. Jika warna pembuluh darah kamu terlihat kebiruan, maka kamu memiliki undertone cool atau dingin. Jika warna pembuluh darah kamu tidak jelas, maka kamu memiliki undertone netral.

Manfaat Mengetahui Skintone dan Undertone Kulit

Mengetahui skintone dan undertone kulit dapat memberikan banyak manfaat bagi penampilan Anda, terutama jika Anda adalah pengguna hijab. Berikut ini adalah beberapa manfaatnya:

- Memilih warna hijab yang sesuai. Dengan mengetahui skintone dan undertone kulit, kamu bisa memilih warna hijab yang sesuai dan menonjolkan kecantikan kulitmu. Misalnya, jika kamu memiliki skintone fair dan undertone cool, kamu bisa memilih warna hijab yang dingin seperti biru, ungu, atau pink. Jika kamu memiliki skintone gelap dan undertone warm, kamu bisa memilih warna hijab yang hangat seperti merah, oranye, atau kuning.

- Memilih bahan hijab yang nyaman. Selain warna, bahan hijab juga penting untuk diperhatikan. Kamu harus memilih bahan hijab yang nyaman, tidak panas, dan tidak mudah kusut. Salah satu bahan hijab yang direkomendasikan hijab segiempat motif yang diproses dengan teknik print sublim, memiliki warna yang beragam sehingga dapat menyesuaikan dengan kulit juga bahan yang sering digunakan adalah jenis voal.

TX Print, Jasa Print Sublim yang Berkualitas di Depok

Jika kamu tertarik untuk mencoba kain sublim, kamu bisa menghubungi TX Print, jasa print sublim di Depok. TX Print adalah unit usaha yang menyediakan layanan print sublim berkualitas dengan harga kompetitif. Layanan print sublim di TX Print menggunakan teknologi printing dan press yang mampu mencetak dengan presisi dan berkualitas.

TX Print juga memiliki kapasitas produksi yang sangat maksimal, yaitu mencapai 6000 ml per hari. Dengan kemampuan ini, TX Print mampu memenuhi kebutuhan cetak kain dalam jumlah besar dengan efisiensi dan ketepatan waktu.

Jadi, tunggu apa lagi? Segera hubungi TX Print datang langsung ke lokasi workshop di Jl. Raya Kalimulya No.1, Kalimulya, Kec. Cilodong, Kota Depok atau Whatsapp : +62 811 99 20801 dan email info@txprint.id.


Give Reaction

Blog Lainnya

Hijab segi empat merupakan salah satu jenis hijab yang paling populer di kalangan muslimah. Selain mudah dibentuk, hija ... read more
Lebaran merupakan momen spesial untuk berkumpul bersama keluarga dan kerabat tercinta. Di momen istimewa ini, Selain ou ... read more
Dunia fashion selalu berputar dan menghadirkan tren baru yang menarik. Salah satu tren yang sedang naik daun saat ini a ... read more
Hari Raya Idul Fitri merupakan momen spesial untuk berkumpul bersama keluarga dan orang tercinta. Momen ini pun menjadi ... read more
Menyambut Hari Raya Idul Fitri 2024 dengan Pesona Hijab Motif Hari Raya Idul Fitri 2024 semakin dekat, momen istimewa u ... read more
Ramadhan 2024 dan Lebaran kali ini menunjukkan beberapa tren yang akan dialami oleh pemerhati fashion, seperti tahun la ... read more
Dapatkan penawaran exclusive + voucher 25rb!