SAMBUT HARI BATIK NASIONAL KAMU HARUS TAHU PERBEDAAN BATIK CAP DAN PRINTING

02 October 2023

Batik adalah warisan budaya Indonesia yang sudah diakui dunia sejak tahun 2009. Batik memiliki beragam motif, warna, dan jenis yang mencerminkan kekayaan seni dan budaya bangsa Indonesia. Salah dua jenis batik yang sering kita jumpai adalah batik cap dan batik printing. Apa sih perbedaan batik cap dan printing? Dan apa itu batik printing? ikuti ulasan berikut ini.


Batik Printing

Batik printing adalah batik yang diproses dengan cara dicetak dengan mesin modern dengan menggunakan mesin printing khusus dengan sistem teknik print sublimasi. Batik printing disebut juga batik cetak karena dalam pembuatannya menggunakan mesin yang sudah dibuatkan pola atau motif tertentu sesuai pesanan. Batik printing adalah hasil evolusi dari teknik tradisional membuat batik tulis, di mana pewarnaan dilakukan secara manual satu per satu.

Batik printing menjadi populer karena bisa menekan biaya produksi dan mempermudah proses pembuatan batik. Batik printing juga bisa diaplikasikan pada berbagai produk dan material seperti baju, tas, atau hiasan dinding. Batik printing juga memiliki harga yang lebih terjangkau dibandingkan batik tulis atau batik cap.


Perbedaan Batik Cap dan Printing

Batik cap dan batik printing adalah dua jenis batik yang dibuat dengan cara mencetak motif batik pada kain. Namun, ada beberapa perbedaan antara batik cap dan batik printing, yaitu:

Proses pembuatan
Batik cap dibuat dengan menggunakan cap, yaitu lempengan tembaga yang berbentuk motif batik dan diberi malam atau lilin. Cap ini kemudian ditempelkan pada kain putih dan dicelupkan dalam pewarna. Batik printing dibuat dengan menggunakan mesin cetak digital yang mampu mencetak motif batik dengan akurasi tinggi. Batik printing tidak menggunakan mal pola, hanya tinta cetak yang dicetak satu per satu sesuai warna yang diinginkan.

Warna dasar kain
Batik cap memiliki warna dasar kain yang lebih tua dibandingkan warna pada goresan motifnya. Hal ini karena batik cap tidak melakukan penutupan pada bagian dasar motif yang lebih rumit seperti halnya batik tulis. Batik printing memiliki warna dasar kain yang lebih muda atau sama dengan warna pada goresan motifnya. Hal ini karena batik printing bisa mencetak warna dengan presisi dan merata.

Kerapian motif
Batik cap memiliki motif yang lebih sederhana dan cenderung berulang. Hal ini karena batik cap terbatas oleh bentuk dan ukuran cap yang digunakan. Batik printing memiliki motif yang lebih rapi, simetris, dan sempurna. Hal ini karena batik printing bisa mencetak motif dengan desain yang bervariasi dan kompleks.

Aroma kain
Batik cap memiliki aroma khas malam yang menyengat. Hal ini karena batik cap menggunakan malam sebagai bahan untuk mencetak motif. Batik printing memiliki aroma khas tinta cetak yang juga menyengat. Hal ini karena batik printing menggunakan tinta kimia untuk mencetak motif.

TX Print, jasa print sublim di depok

Jika kamu tertarik untuk mencetak batik printing dengan kualitas terbaik, kamu bisa menghubungi TX Print, jasa print sublim di depok. TX Print adalah jasa print sublim yang melayani berbagai kebutuhan cetak kain dengan bahan kain yang memiliki kandungan polyester. TX Print menggunakan teknik print sublim yang bisa mencetak gambar dengan warna yang cerah, tajam, dan awet.

Dengan mesin cetak yang dibekali tiga mesin printing dan tiga mesin press mampu mengejar kecepatan dan ketepatan yang dibutuhkan oleh pelanggan. TX Print adalah solusi terbaik untuk kebutuhan cetak batik printing para pelaku usaha atau vendor untuk menyelesaikan kinerjanya. Anda dapat menghubungi TX Print melalui Whatsapp : +62 811 99 20801 dan email info@txprint.id.


Give Reaction

Blog Lainnya

Ketika Anda membentuk tim basket, salah satu keputusan penting yang harus diambil adalah memilih jersey yang tepat. And ... read more
Di era digital yang serba cepat ini, kebutuhan akan personalisasi dan keunikan semakin meningkat. Hal ini turut mempeng ... read more
Membuat jersey custom kini menjadi semakin populer, baik untuk keperluan olahraga, komunitas, maupun fashion. Namun, ti ... read more
Ketika berbicara tentang jersey custom, ukuran yang tepat adalah kunci kenyamanan dan penampilan yang optimal. Namun, m ... read more
Jersey custom telah menjadi cara yang populer untuk mengekspresikan identitas tim, komunitas, atau bahkan kepribadian i ... read more
Jersey custom sepakbola telah menjadi bagian tak terpisahkan dari dunia olahraga ini, baik bagi pemain profesional maup ... read more
Dapatkan penawaran exclusive + voucher 25rb!