Dalam industri fashion muslim, produksi hijab yang disesuaikan dengan karakteristik kebutuhan berdasarkan karakteristik sehingga produksi produk yang dihadirkan dapat memenuhi kebutuhan konsumen yang sesuai. Mengingat setiap individu memiliki kebutuhan dan gaya hidup yang berbeda, produsen hijab harus mampu mengidentifikasi karakteristik tersebut dan menghasilkan produk yang sesuai dengan kebutuhan mereka.
Salah satu basis yang seringkali dipakai pelaku usaha hijab dalam memproduksi hijabnya melakukan identifikasi karakteristik pengguna produknya, sehingga penting untuk menentukan produk yang dihadirkan untuk segmentasi pasar yang mana, atau mendeskripsikan segmen tertentu. Dalam pembuatan produk hijab dengan merek sendiri bisa divariasi sebagai berikut :
1. Karakteristik Kelompok
Berbicara mengenai karakteristik kelompok, yang pada umumnya produk yang dibuat untuk pengguna kelas bawah, menengah dan atas. Jika sudah menentukan kelompok dasar ini maka produk hijab yang akan dibuat sangat mudah mengindetifikasinya dengan langkah selanjutnya.
2. Karakteristik Umur
Selanjutnya apakah produk yang kita buat untuk anak-anak, remaja, dewasa, hingga lansia. Hal ini untuk memperkirakan kebutuhan masyarakat berdasarkan karakteristik umur. Tentu saja, umur yang berbeda memiliki karakteristik hijab yang berbeda pula, seperti pada segi ukuran dan modelnya serta bahan. Bagi remaja dan dewasa pada umumnya memiliki ukuran hijab yang hampir sama.
3. Karateristik selera
Pada tahapan ini merupakan Segmen psikologis yang mengarah pada gaya hidup, kelas sosial, dan kepribadian, setiap muslimah memiliki kondisi psikologis yang berbeda-beda dan tidak bisa disamakan antara satu dengan lainnya. Jadikan beberapa kelompok jika ingin memproduksi hijab. Tentukan jangkauan produksi hijab yang dikembangkan. Seperti halnya kualitas hijab untuk kelas sosial menengah ke atas berbeda dengan masyarakat kelas menengah ke bawah. Sehingga saat melakukan produksi hijab ke jasa cetak kain sangat mudah terlihat hasil hijabnya dari variasi desain.
Pentingnya produksi hijab sesuai karakteristik kebutuhannya pengguna, hal ini jadi salah satu faktor untuk memenuhi keinginan konsumen. Dengan memahami dan merespons kebutuhan yang berbeda dari konsumen dalam setiap karakteristiknya, produsen hijab dapat menghasilkan produk yang relevan, serta dapat meningkatkan kepuasan konsumen, dan memperluas pangsa pasar.Untuk konsultasi kebutuhan dalam produksi hijab TX Print membantu mewujudkan dengan paket usaha yang dapat memberikan penetrasi meningkatkan pemasaran bisnis hijab Anda, TX Print dapat di hubungi Whatsapp : +62 811 99 20801, telepon 021 - 27618376, dan email info@txprint.id.