MENGENAL JENIS KERTAS SUBLIM UNTUK HASIL MAKSIMAL

27 July 2023

Kertas sublim adalah salah satu bahan yang digunakan untuk proses sablon digital dengan menggunakan tinta sublimasi. Tinta sublimasi adalah tinta khusus yang dapat berubah dari bentuk padat menjadi gas tanpa melewati fase cair, sehingga dapat menempel pada permukaan bahan yang dipanaskan. Proses ini disebut sublimasi.

Kertas sublim berfungsi sebagai media transfer untuk membawa gambar atau desain dari printer ke bahan yang akan di cetak, apalagi seperti TX Print yang memiliki layanan jasa print sublim bagi pelaku usaha sejenis dapat menggunakan fasilitas layanan ini dengan memanfaatkan layanan print sublim only atau layanan press only.

Kertas sublim harus memiliki kualitas yang baik agar hasil cetak maksimal dan tidak mudah luntur saat melakukan pada mesin press, secara umum ada beberapa jenis kertas sublim yang beredar di pasaran, antara lain:

1. Kertas sublim biasa. Jenis kertas ini memiliki tekstur halus dan tipis, cocok untuk bahan yang berwarna terang dan memiliki permukaan rata. Kelebihan kertas sublim biasa adalah harganya murah dan mudah didapatkan. Namun, kekurangannya adalah hasil sablon kurang tajam dan cerah, serta mudah mengalami bleeding atau bercak tinta di sekitar gambar.

2. Kertas sublim premium. Jenis kertas ini memiliki tekstur lebih kasar dan tebal, cocok untuk bahan yang berwarna gelap dan memiliki permukaan tidak rata. Kelebihan kertas sublim premium adalah hasil sablon lebih tajam dan cerah, serta tidak mudah mengalami bleeding atau bercak tinta di sekitar gambar. Namun, kekurangannya adalah harganya lebih mahal dan sulit didapatkan.

3. Kertas sublim sticky. Jenis kertas ini memiliki lapisan perekat di salah satu sisinya, sehingga dapat menempel pada bahan yang akan disablon. Kelebihan kertas sublim sticky adalah dapat menghindari pergeseran gambar saat proses pemanasan, sehingga hasil cetak lebih rapi dan presisi. Namun, kekurangannya adalah harganya lebih mahal dari kertas sublim biasa dan premium, serta harus hati-hati saat melepasnya agar tidak merusak permukaan bahan.

Untuk hasil yang maksmal juga ditentukan oleh bahan kain dan gramasi kertas sublim yang akan digunakan, gramasi umum yang biasa digunakan adalah 50, 65 dan 75, 90 hingga 100 gram. Semakin besar gramasinya biasanya menggunakan untuk bahan kain yang cukup tebal sehingga memiliki warna dan ketajamannya semakin cerah. Untuk kertas sublim dengan gramasi 50 hingga 65 gram sangat cocok untuk jenis bahan kain yang tipis seperti penggunaan bahan untuk hijab.

Cara Menggunakan Kertas Sublim

Untuk menggunakan kertas sublim, ada beberapa langkah yang harus diperhatikan dan ikuti. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

1. Buat desain atau gambar yang ingin di cetak menggunakan software desain grafis seperti Adobe Photoshop atau CorelDRAW. Pastikan desain Anda sesuai dengan ukuran dan warna bahan yang akan di cetak.

2. Siapkan bahan yang akan di cetak, pastikan bahan tersebut cocok untuk proses sublimasi, yaitu memiliki kandungan polyester atau berbahan sintetis. Letakkan bahan tersebut pada mesin press sublimasi dan atur suhu dan tekanan yang sesuai.

3. Letakkan kertas sublim yang sudah dicetak menghadap ke bahan yang akan di cetak dengan posisi gambar sesuai dengan bagian bahan yang ingin di cetak.

4. Lakukan pengepresan dengan suhu yang sudah disesuaikan. Maka tinta sublimasi akan berubah dari bentuk padat menjadi gas dan menempel pada permukaan bahan kain tersebut.

5. Setelah di press, angkat kertas sublim secara perlahan dari bahan, akan tampak gambar atau desain sudah tercetak dengan baik dan tahan lama pada bahan kain.

Namun pelaku usaha konveksi, fashion sport, fashion muslim, brand hijab tidak usah pusing memikirkan proses tersebut karena TX Print adalah ahlinya dan telah berpengalaman dengan tenaga ahli di dalamnya dapat mewujudkan produk baju, jersey, sprei, hijab, gamis, kemeja, scraf outer dan banyak lagi dapat di wujudkan untuk meningkatkan nilai tambah dan portofolio produk Anda. Wujudkan produk yang diinginkan dengan melakukan kemitraan dapat menghubungi tim sales kami atau hubungi via Whatsapp : +62 811 99 20801 dan email info@txprint.id.


Give Reaction

Blog Lainnya

Di era digital yang serba cepat ini, kebutuhan akan personalisasi dan keunikan semakin meningkat. Hal ini turut mempeng ... read more
Membuat jersey custom kini menjadi semakin populer, baik untuk keperluan olahraga, komunitas, maupun fashion. Namun, ti ... read more
Ketika berbicara tentang jersey custom, ukuran yang tepat adalah kunci kenyamanan dan penampilan yang optimal. Namun, m ... read more
Jersey custom telah menjadi cara yang populer untuk mengekspresikan identitas tim, komunitas, atau bahkan kepribadian i ... read more
Jersey custom sepakbola telah menjadi bagian tak terpisahkan dari dunia olahraga ini, baik bagi pemain profesional maup ... read more
Print jersey printing adalah solusi ideal bagi Anda yang ingin membuat jersey custom dengan desain unik dan personal. B ... read more
Dapatkan penawaran exclusive + voucher 25rb!