BAHAN RAYON SALAH SATU BAHAN YANG BISA DI PRINT SUBLIM

01 March 2024

Bahan rayon adalah salah satu jenis kain yang populer di industri tekstil. Bahan rayon memiliki daya serap lumayan terhadap kain mirip seperti kain katun, tekstur dan permukaan yang halus dan lembut di kulit, serta kilau yang tampak alami. Bahan rayon berasal dari polimer organik yang diregenerasi dari selulosa, sehingga disebut sebagai serat semi sintetis.

Bahan rayon bisa digunakan untuk membuat berbagai jenis pakaian, mulai dari blouse, kaos, dress, gamis, hingga mukena. Bahan rayon juga cocok untuk dijadikan bahan print sublim, yaitu proses pencetakan gambar atau motif pada kain dengan menggunakan tinta khusus yang berubah menjadi gas di bawah pengaruh panas. Print sublim bisa menghasilkan cetakan yang sangat detail, presisi, dan tahan lama, karena tinta sublim menembus ke dalam struktur serat kain.

Jenis-Jenis Bahan Rayon yang Bisa di Print Sublim

Ada berbagai jenis bahan rayon yang bisa di print sublim, antara lain:

- Rayon twill: bahan rayon yang memiliki tekstur bergaris diagonal, tebal, dan kuat. Biasanya digunakan untuk membuat pakaian formal atau semi formal, seperti jas, blazer, atau rok.
- Rayon spandek: bahan rayon yang dicampur dengan serat spandek, sehingga memiliki elastisitas yang baik. Biasanya digunakan untuk membuat pakaian olahraga, gamis, atau baju tidur.
- Rayon jersey: bahan rayon yang dicampur dengan serat jersey, sehingga memiliki tekstur yang lembut, halus, dan tidak berbulu. Biasanya digunakan untuk membuat kaos, dress, atau gamis.
- Rayon polyester: bahan rayon yang dicampur dengan serat polyester, sehingga memiliki kilau yang lebih tinggi, tidak mudah kusut, dan lebih tahan luntur. Biasanya digunakan untuk membuat mukena, syal, atau tas.
- Rayon crinkle: bahan rayon yang memiliki tekstur tak rata seperti kulit jeruk, berkerut, dan kusut. Biasanya digunakan untuk membuat pakaian kasual, seperti blouse, tunik, atau sarung.
- Rayon viscose: bahan rayon yang memiliki tekstur yang paling mirip dengan sutra, lembut, licin, dan mengalir. Biasanya digunakan untuk membuat pakaian elegan, seperti kebaya, batik, atau gaun.
- Rayon uniqlo: bahan rayon yang memiliki tekstur yang halus, lembut, dan ringan, serta berdaya serap tinggi. Biasanya digunakan untuk membuat pakaian sehari-hari, seperti kemeja, celana, atau rok.

Namun dari jenis Rayon di atas, belum tentu juga bisa mendapatkan hasil yang memuaskan karena beberapa bahan kain Rayon tidak bisa di print sublim. Untuk itu, disarankan untuk tes sampel agar mengetahui bahan rayon tertentu saja yang dapat di print sublim. Dalam proses print sublim bahan Rayon terkadang harus menggunakan tinta khusus tidak seperti tinta pada umumnya yang digunakan pada bahan yang mengandung serta polyester.

Kelebihan Print Sublim pada Bahan Rayon

Print sublim pada bahan rayon memiliki beberapa kelebihan dan yaitu:
- Dapat mencetak gambar atau motif dengan detail yang tinggi, warna yang cerah, dan gradasi yang halus.
- Dapat mencetak gambar atau motif dengan ukuran yang besar, sesuai dengan lebar kain.
- Dapat mencetak gambar atau motif dengan desain yang custom, sesuai dengan keinginan pelanggan.
- Dapat mencetak gambar atau motif dengan kualitas yang tahan lama, tidak mudah pudar, luntur, atau mengelupas, karena tinta sublim menembus ke dalam serat kain.
- Dapat mencetak gambar atau motif dengan proses yang cepat, mudah, dan efisien, karena tidak memerlukan banyak alat dan bahan.

TX Print, Jasa Print Sublim di Depok yang Berkualitas

Jika Anda sedang mencari jasa print sublim di Depok yang berkualitas, Anda bisa menghubungi TX Print. TX Print adalah jasa print sublim yang sudah berpengalaman dalam melayani berbagai kebutuhan print sublim, baik untuk pakaian, aksesoris, barang promosi, maupun industri kreatif lainnya.

TX Print memiliki mesin print sublim yang canggih, tinta sublim yang berkualitas, kertas transfer yang terbaik, serta tenaga ahli yang profesional. TX Print juga menawarkan harga print sublim yang bersaing, proses print sublim yang memenuhi kebutuhan pelanggan, serta hasil print sublim yang memuaskan. Hubungi TX Print datang langsung ke lokasi workshop di Jl. Raya Kalimulya No.1, Kalimulya, Kec. Cilodong, Kota Depok atau Whatsapp : +62 811 99 20801 dan email info@txprint.id.


Give Reaction

Blog Lainnya

Di era digital yang serba cepat ini, kebutuhan akan personalisasi dan keunikan semakin meningkat. Hal ini turut mempeng ... read more
Membuat jersey custom kini menjadi semakin populer, baik untuk keperluan olahraga, komunitas, maupun fashion. Namun, ti ... read more
Ketika berbicara tentang jersey custom, ukuran yang tepat adalah kunci kenyamanan dan penampilan yang optimal. Namun, m ... read more
Jersey custom telah menjadi cara yang populer untuk mengekspresikan identitas tim, komunitas, atau bahkan kepribadian i ... read more
Jersey custom sepakbola telah menjadi bagian tak terpisahkan dari dunia olahraga ini, baik bagi pemain profesional maup ... read more
Print jersey printing adalah solusi ideal bagi Anda yang ingin membuat jersey custom dengan desain unik dan personal. B ... read more
Dapatkan penawaran exclusive + voucher 25rb!